Haruskah saya membeli flat pensiun?

Haruskah saya membeli flat pensiun?

Rumah susun pensiunan cenderung lebih mahal daripada rumah susun biasa, baik dari segi harga beli maupun biaya berkelanjutan yang mungkin harus Anda bayar. Rata-rata, flat pensiun di Inggris berharga sekitar 17% lebih mahal daripada flat standar dengan ukuran yang sama, menurut penelitian dari perusahaan real estate Jones Lang LaSalle yang dilakukan pada 2018.

Karena Anda membeli hak sewa dan bukan hak milik, Anda mungkin diharapkan membayar sewa tanah kepada pemilik atau pemegang bebas. Perubahan terbaru yang diperkenalkan oleh Leasehold Reform Act berarti tuan tanah dilarang membebankan biaya sewa tanah untuk sewa baru di sebagian besar properti perumahan. Namun, untuk properti pensiun, ini tidak akan berlaku sebelum 1 April 2023.

Desa pensiunan biasanya membebankan biaya layanan reguler untuk hal-hal seperti asuransi bangunan dan pemeliharaan properti, sebagaimana ditetapkan oleh perusahaan yang mengelola desa pensiun. Ini dapat bervariasi secara dramatis dalam harga dan dapat meningkat setiap saat. Sangat penting untuk hati-hati memeriksa biaya layanan, apa yang termasuk dan apakah itu telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir sebelum Anda berkomitmen untuk properti pensiun. Pengembangan kelas atas dengan banyak fasilitas akan cenderung membebankan biaya yang lebih tinggi.

Jika Anda membayar biaya layanan di properti sewa, Anda memiliki hak untuk meminta pemilik untuk ringkasan yang menunjukkan bagaimana biaya tersebut diselesaikan dan untuk apa dibelanjakan, dengan tanda terima – mereka tidak dapat menolak untuk memberikan ini. Anda juga harus bertanya apakah ada perubahan besar yang direncanakan dalam beberapa tahun ke depan yang secara substansial dapat menaikkan biaya biaya ini.

Anda mungkin ingin memastikan bahwa perusahaan yang mengelola properti tersebut adalah anggota asosiasi perdagangan yang mewajibkan anggotanya untuk mengikuti Kode Manajemen Perumahan RICS Service Charge; ini berarti bahwa perusahaan-perusahaan ini harus mematuhi standar keadilan dan transparansi yang tercantum dalam kode saat membebankan biaya untuk layanan.

Mungkin juga ada biaya keluar yang harus dibayar saat Anda menjual properti, juga dikenal sebagai biaya acara atau biaya manajemen yang ditangguhkan. Ini dapat dihitung baik sebagai persentase dari nilai properti atau sebagai biaya tetap, dengan tingkat persentase terkadang meningkat dari tahun ke tahun. Ini bisa menjadi sangat besar dan kuat, jadi baca kontrak dengan hati-hati untuk melihat apa syarat untuk menjual properti – misalnya, beberapa desa akan menaikkan biaya dari tahun ke tahun, dan mungkin tidak menyertakan batas persentase. Selain itu, beberapa desa pensiun hanya mengizinkan Anda untuk menjual flat melalui agen real mereka sendiri, yang mungkin membebankan biaya penjualan dan admin yang lebih tinggi daripada agen lain.

Ingatlah juga bahwa jika Anda pindah dari properti sebelum menjualnya, Anda masih akan bertanggung jawab untuk membayar biaya layanan sampai Anda menemukan seseorang untuk membelinya, bahkan jika properti itu kosong untuk sementara. Biaya ini terus dibayarkan bahkan setelah pemiliknya meninggal, yang berarti bahwa jika Anda meninggal tanpa menjual terlebih dahulu, kerabat terdekat Anda harus melakukan pembayaran ini dan mencari cara untuk menjual properti tersebut.

Untuk semua alasan ini, Anda harus sangat berhati-hati ketika berpikir untuk membeli properti pensiun, pastikan untuk meneliti perusahaan dan memeriksa kontrak secara rinci. Bahkan jika harga pembelian tampaknya terjangkau, pertimbangkan biaya layanan dan bagaimana biaya keluar dihitung sebelum melanjutkan, atau properti pensiun bisa menjadi lubang uang yang serius bagi Anda atau kerabat Anda.

Author: Eric Robinson