Panduan pemula untuk berjalan di Nordik

Panduan pemula untuk berjalan di Nordik

Teknik berjalan Nordik sepenuhnya didasarkan pada pola berjalan biasa Anda, dengan tambahan penggunaan tiang yang dirancang khusus untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

Terkadang bingung dengan aktivitas seperti trekking, climbing, atau trail walking, karena semuanya menggunakan tiang. Meskipun, berjalan Nordik menggunakan teknik yang sama sekali berbeda. Saat digunakan untuk trekking, tiang terutama untuk stabilitas dan dukungan, sedangkan tiang berjalan Nordik adalah alat kesehatan dan kebugaran tertentu.

Dengan berjalan Nordik, kutub tetap berada di belakang tubuh sebagai perpanjangan tangan, selalu mengarah ke belakang secara diagonal. Teknik tiang adalah peningkatan dasar dari ayunan lengan biasa yang Anda lakukan saat berjalan normal. Mereka kemudian ditanam di belakang tubuh dengan setiap langkah untuk mendorong Anda maju; melatih lengan, bahu, otot punggung, dan dada bagian atas.

Jangan khawatir jika ini terdengar rumit – ketika Anda pertama kali membawa tongkat Anda untuk berjalan-jalan, Anda tidak perlu menceburkan diri terlalu dalam. Untuk merasakan cara berjalan dengan tongkat, cobalah menyeretnya ke belakang Anda dengan tangan santai untuk memulai; bahkan beban ekstra itu akan menciptakan beberapa resistensi, yang akan melatih tubuh bagian atas Anda.

Ketika Anda merasa nyaman dengan ini, Anda dapat mencoba mengayunkan tangan Anda untuk membiasakan diri dengan gerakan tersebut; tapi ingat untuk selalu menjaga kutub mengarah ke belakang secara diagonal.

Selanjutnya, cobalah menanam tiang ke tanah dengan setiap langkah; lengan yang berlawanan ke kaki yang berlawanan, seperti berjalan normal. Sangat penting untuk meluangkan waktu Anda dan terus berlatih, untuk membiasakan diri dengan gerakan dan, sebelum Anda menyadarinya, semuanya akan datang secara alami kepada Anda.

Untuk wawasan yang lebih dalam tentang teknik berjalan Nordik, tonton video di bawah ini untuk melihat gerakan dasar yang terlibat.

Author: Eric Robinson